septri

Thursday, August 11, 2005

Tentang aku dan kotaku


Aku pertama kali datang ke kota Berau tahun 1989. Waktu itu aku masih kelas 2 SD. Ikut bokap yang TNI tugas di Berau. Awalnya aku tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur.
Maklum,,,namanya juga tentara,,, pindah2 tugas udah biasa.. Tapi selama bertahun2 itu pindahnya cm disekitar Berau aja. Jadi ga terlalu repot angkut2 klo pindahan. Bokap ditepat tugas dan aku sekeluarga (minus papi tentunya) tetap di ibukota Berau. Libu sekolah baru kami sekeluarga ketempat tugas bokap.

Derawan salah satu daerah yang pernah menjadi tempat tugas Bokap. So,,,tiap libur sekolah aku ga pernah absen kesana. Tapi beneran,,,,biar beberapa kali juga ga bakalan bosan.
Dulu di pulau Derawan ada yang namanya Pesta Laut yang biasanya diadakan tiap bulan Oktober tiap tahunnya.. Tapi ga tau knapa beberapa tahun blakangan udah ga pernah diadakan lagi.. Turisnya pada takut gara2 Indonesia diteror bom ama teroris kali ya...

Aku pernah ke Sangalaki,,, sekitar 45 menit naik speed boat dari Derawan,,, snorkling disana.. Bener2 seru, karna hamparan karangnya luas banget. Dipesisir pula,, jadi ga perlu ketengah laut untuk snorkling.. Sampai sekarang aku baru 2 kali ke sana..

Oia,,, sampai sekarang aku ga bisa berenang. Tapi snorkling tetap jadi hobiku klo ke pulau.

Di Derawan, Sangalaki atau pulau2 lain tiap malam kamu bisa melihat penyu bertelur di pesisir pantai. Klo beruntung kamu bisa melihat lebih dari 1 penyu bertelur tiap malamnya.
Melihat bgimana tubuh besar mereka naik dari laut kepesisir. Mambuat lubang yang dalam buat mereka bertelur. Trus bertelur yang jumlahnya busa sampai 250 butir. Woww....banyak banget... Tapi dari banyak itu hanya sekitar 30% yang bisa bertahan hingga menetas. Sisanya mungkin dimakan sama makhluk2 pasir lainnya, seperti kepiting,sll... Setelah bertelur biasanya mereka ga langsung pulang ke pantai, tapi mengadakan sebuah "ritual" bagi kaum ibu2 baru penyu yang namanya "mandi pasir".
Sambil mandi pasir tu penyu menangis.. Bener2 megeluarkan air mata loch.... Kelilipan pasir kali ya... Tapi katanya sih dia sedih akan meninggalkan telur2nya disana. Sementara dia akan kembali ke laut.
Hmmm,,,kira2 ntar bakal ketemu lagi ga ya dengan anak2nya klo udah menetas.
Kasian banget ya....

Oia,,,ini foto matahari terbit yang aku ambil waktu liburan dengan Komisaris & Direksi Perusahaan tempat aku bekerja, bulan Juli 2005 lalu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home